Jalur khusus sepeda pancal.
Jalur khusus sepeda pancal.

Akhir-akhir ini, setelah lama tinggal di rumah, tampaknya para pesepeda sudah rindu bersepeda. Penjualan sepeda pun meningkat.

Dan, Kota Kediri sudah memiliki perhatian kepada para pesepeda dengan membangun jalur sepeda sejak tahun 2016. Jalur sepeda selebar dua meter dengan tanda khusus bisa ditemui di beberapa ruas jalan.

Baca Juga : Pagu 15 Ribu KPM Jaring Pengaman Sosial Kota Malang Terus Berjalan

“Tahun 2016 dimulailah ide jalur sepeda. Hanya di Jalan Veteran sebelah barat,” kata M. Ferry Jatmiko, kepala Dinas Perhubungan Kota Kediri.

Rupanya, animo masyarakat terutama komunitas sepeda sangat mengapresiasi adanya jalur sepeda tersebut. Komunitas sepeda di Kota Kediri lumayan berkembang bagus. Sebelum covid-19, komunitas sepeda di Kota Kediri rutin menggelar Kediri Nite Ride (KNR) yang diikuti ratusan pesepeda. Termasuk Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar juga kerap kali ikut KNR.

Meihat animo masyarakat terhadap olahraga sepeda ini tinggi, pemkot punya ide untuk memperpanjang jalur sepeda.

Menurut Ferry, tahun 2016 akhir, Dishub membuat proposal ke Kementerian Perhubungan RI untuk mewujudkan jalur sepeda yang lebih panjang di Kota Kediri. Tahun 2017, usulan tersebut mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan melalui kegiatan RASS (Rute Aman Selamat Sekolah) dengan di dalamnya ada jalur sepeda.

Baca Juga : Tarik Ulur Matahari-Pemkot Malang Soal Pembangunan Pasar Besar, Lagi-Lagi Tak Jelas

RASS  merupakan bagian dari kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas berupa penyediaan sarana angkutan umum dengan pengendalian lalu lintas dan penggunaan jaringan jalan serta sarana dan prasarana angkutan dari lokasi pemukiman menuju sekolah.