Suasana rapat paripurna DPRD Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Suasana rapat paripurna DPRD Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Anggota DPRD Jombang ngotot akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) di saat pandemi Covid-19 masih menjadi momok bagi bangsa dan negara Indonesia.

Kunker para anggota dewan ini direncanakan di sejumlah daerah di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Agenda kunker yang dilakukan terkait persoalan penanganan Covid-19, perubahan Perda Kenaikan tipe Dinas Kesehatan dan membahas soal pemulihan ekonomi hingga persoalan infrastruktur.

Baca Juga : Sidak Infrastruktur, DPRD Kota Blitar Beri Catatan Pemanfaatan Kios Stadion

"Kunker itu tugas dan tupoksi bagi anggota. Kunker dilakukan bertahap nantinya," ujar Ketua DPRD Jombang Mas'ud Zuremi di ruang rapat paripurna gedung DPRD Jombang, Jumat (19/6/2020).

Mas'ud juga menyampaikan, dengan kondisi Kabupaten Jombang saat ini yang masih dalam status darurat Covid-19, diperlukan adanya kunker. 

"Kunjungan kerja ini berkaitan dengan tugasnya dalam menangani pandemi ini. Apa yang harus ditangani? Meminta informasi ke daerah lain soal bagaimana penanganannya yang lebih bagus," ujarnya.

Diakui Mas'ud, keberangkatan para anggota DPRD Jombang untuk kunker ke daerah lain itu, menjadi kekhawatiran tersendiri. Karena itu dirinya meminta, sebelum berangkat para anggota dewan diminta untuk menjalani rapid test di rumah sakit.

Jika tidak ada yang mau menjalani rapid test, ia secara tegas tidak akan mengizinkan untuk berangkat kunker.

"Rapid test itu untuk sekali keberangkatan berlaku dua minggu. Setelah itu pulang dan bila mau berangkat lagi saya minta rapid test lagi. Bila tidak mau rapid test, tidak akan saya berangkatkan," tegasnya.

Baca Juga : Penyusunan Ranperda 2021, Bapemperda DPRD Banyuwangi: Oktober Sudah Masuk

Politisi PKB itu juga mempertegas, bahwa ketika rapid test ada yang menunjukkan hasil reaktif maka tidak diperbolehkan untuk melakukan kunker. "Ketika dalam rapid test itu ada indikasi reaktif, tidak mungkin saya rekomendasikan berangkat," ujarnya.

Sebagai informasi, anggota DPRD Jombang yang dijadwalkan melakukan kunker kali ini adalah Komisi A, Komisi B, Komisi C dan Komisi D. Mereka dijadwalkan akan berangkat secara bertahap. 

Dari data yang dihimpun, komisi B dan komisi C yang melakukan kunker pertama yakni pada Senin (15/6/2020) hingga Rabu (18/6/2020) kemarin. Sedangkan, Komisi A dan Komisi D rencananya akan berangkat pada Senin (22/6/2020) hingga Rabu (25/6/2020) depan.