Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Kompas.com)
Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Kompas.com)

Kinerja Kabinet Indonesia Maju era Jokowi-Ma'ruf Amin selalu menjadi sorotan.  Kendati  belum genap setahun menjabat, beberapa kinerja menteri sudah menuai pro kontra.  

Bahkan banyak warganet yang meminta agar Kabinet Indonesia Maju di-reshuffle atau dirombak.  

Baca Juga : Wali Kota Santoso Bagikan 272 Sertifikat Tanah Program PTSL 2020 ke Warga 4 Kelurahan

Terkait hal tersebut, Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) telah merilis survei kepuasan kinerja jelang satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.  Dari hasil tersebut, sebanyak 75,6 persen responden setuju untuk dilakukan perombakan pada kabinet Jokowi-Ma'ruf.  

Survei ASI tersebut dilakukan pada 9-12 Juni 2020 lalu.  Surveri ini melibatkan 1.000 responden di 34 provinsi di Indonesia.  

Sementara, survei ini dilakukan dengan cara telesurvei atau mewawancarai responden melalui telepon.  Sedangkan untuk margin of error survei ini kurang lebih 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.  

Tujuan survei ASi ini yakni untuk mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dalam survei ini, responden diberi pertanyaan yakni: 'Apakah Bapak/Ibu/Saudara setuju jika saat ini dilakukan perombakan/reshuffle kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin?'

Baca Juga : Pakar Komunikasi Nilai Pemerintah Tak Mawas Diri Hadapi Covid-19

"Kami tanya kepada publik terkait wacana perombakan atau reshuffle, sebanyak 75,6% publik mengatakan setuju," ujar Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rif'an saat melakukan pemaparan yang disiarkan secara langsung melalui Youtube ASI, Jumat (19/6/2020).

Sedangkan 19,9 persen tidak setuju dan 7,5 persen memilih tidak menjawab atau tidak tahu.