Sejumlah anggota Satlantas Polres Jombang terlihat berdiri di taman ringin contong jombang dengan membentangkan poster imbauan untuk berdiam di rumah atau sosial distancing, guna mencegah penyebaran virus corona. (Foto : Adi Rosul/ JombangTIMES)
Sejumlah anggota Satlantas Polres Jombang terlihat berdiri di taman ringin contong jombang dengan membentangkan poster imbauan untuk berdiam di rumah atau sosial distancing, guna mencegah penyebaran virus corona. (Foto : Adi Rosul/ JombangTIMES)

Salah satu cara untuk meminimalisir penyebaran virus Corona atau Covid-19 adalah sosial distancing alias jaga jarak. Minimnya kemauan orang untuk melakukan sosial distancing yang dianjurkan pemerintah, mendorong sejumlah pihak terus mengkampanyekan sosial distancing itu.

Seperti yang dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Jombang ini. Puluhan anggota Satlantas Polres Jombang terlihat turun ke jalan dengan membentangkan poster dari banner di bundaran Taman Ringin Contong, Jombang.

Masing-masing anggota membentangkan banner di depan dada dan membentuk formasi melingkar, layaknya orang sedang berdemo atau berunjuk rasa. Sedangkan, beberapa anggota bergantian berorasi mengkampanyekan sosial distancing serta ajakan untuk berdiam diri di rumah.

Poster yang dibentangkan oleh anggota Satlantas ini berisikan ajakan kepada masyarakat untuk berdiam diri di rumah guna meminimalisir penyebaran Covid-19. 

Kata-kata yang tertulis pada banner pun cukup menggelitik dan menarik perhatian para pengendara atau pengguna jalan. Seperti, "Kok Masih di jalan, Kan sudah dibilangin di rumah saja", "Kami Disini Jaga Kalian, Kalian Di rumah saja Jaga Indonesia".

Kasatlantas Polres Jombang, AKP A Rizky menyampaikan, penyebaran virus Corona atau Covid-19 mulai meluas. Untuk itu masyarakat diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan, salah satunya dengan cara sosial distancing.

Dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19, salah satu yang bisa dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Jombang ini adalah, mengimbau masyarakat yang masih berkendara di jalan agar mulai mengurangi aktivitasnya dan kembali berdiam di rumah. 

"Ternyata masih banyak masyarakat yang beraktivitas di luar, kami himbau kembali agar tidak melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan masa, tidak hadir ditempat kerumuman umum, baik itu di Mall, taman atau sebagainya," ujarnya, Minggu (22/3).

Ia menambahkan, aksi tersebut merupakan bentuk nyata kepedulian Polres Jombang terhadap warga masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Jombang. Selain itu dirinya juga mengimbau agar selalu menyayangi keluarga dengan tetap beraktivitas di rumah.

"Selain dengan imbauan di jalan, Kapolres Jombang, AKBP Bobby P Tambunan juga mengintruksikan seluruh fungsi yang ada di Polres Jombang, baik Lalulintas, Reserse Kriminal dan Narkoba untuk terus melakukan sosialiasi kepada masyarakat tentang budaya hidup sehat dengan cuci tangan, serta sosialiasi terkait virus Corona," pungkasnya.(*)