BJ Habibie (Foto: Dokumentasi MalangTIMES)

BJ Habibie (Foto: Dokumentasi MalangTIMES)



Wafatnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie membuat bangsa Indonesia berbelasungkawa. Suami dari almarhumah Hasri Ainun Besari ini meninggal usai menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto akibat penyakit yang dideritanya.

Ungkapan belasungkawa dari berbagai pihak dilontarkan dalam platform media sosial, bahkan kini menjadi trending topic twitter. Tak terkecuali politisi Mahfud MD.

Ia membuat utas (thread) khusus, akan kenangan sosok BJ Habibie. Dalam postingannya, ia menyebut meninggalnya Preside RI ke-3 ini telah membuat bangsa Indonesia kehilangan seorang Bapak bangsa yang membanggakan.



"Saya sedang di Mataram NTB bersama rombongan Parampara Praja (Dewan Penasehat Gubernur DIY) ketika mendengar berita wafatnya Bapak BJ Habibie, Rabu, 11/9/2019 pukul 18.05 WIB. Inna lillah wa inna ilaihi raji'un. Bangsa kita telah kehilangan Bapak Bangsa yang sangat membanggakan," cuitnya.

Cuitan tersebut berlanjut dengan perjalanan BJ Habibie yang telah mengharumkan nama bangsa. Di mana banyak prestasi yang telah dibawakan untuk membawa nama Indonesia melaju ke dunia internasional. Sosok pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 tersebut dinilai sebagai ilmuwan muslim yang taat beribadah. Bahkan menjadi role model generasi muda Islam.
 


"BJ Habibie telah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional karena prestasi dan reputasinya sebagai ilmuwan kelas dunia. Beliau juga menjadi kebanggaan kaum muslimin Indonesia karena ketika orang Islam masih dianggap kolot dia menjadi contoh bahwa orang Islam bisa hebat dan tidak perlu inferior," imbuhnya.
 



"BJ Habibie adalah ilmuwan muslim yang taat beribadah. Dari sosok dialah lahir ungkapan 'integrasi imtek dan imtaq', ilmu pengetahuan dan iman serta taqwa. Habibie dijadikan role model generasi muda Islam dengan ungkapan 'berotak jerman, berhati Mekah'. Allahumma ighfir lahu warhamhu..," lanjutnya.

Lebih lanjut, menurutnya sosok Habibie adalah penyelamat dan pembangun negara. Meski dihujat saat menggantikan posisi Soeharto, Habibie tetap bertahan dalam menyelamatkan negara. 
 


"Untuk bangsa indonesia Habibie adalah penyelamat dan pembangun negara. Ketika Pak Harto lengser sebagai presiden, pada Mei 1998 maka Wapres BJ Habibie jadi presiden sesuai konstitusi. Dia didemo dan dihujat karena dianggap kroni pak Harto tapi dia bertahan dengan sabar tegar menyelamatkan negara," lanjutnya.
 

"Sebenarnya menurut konstitusi BJ Habibie berhak menjabat presiden sampai tahun 2003. Tapi dia segera mengumumkan diadakannya Pemilu demokratis agar rakyat memilih Wakil Rakyat dan Presiden baru. Dia hanya memilih menjadi Presiden yang bisa mengantarkan Pemilu agar rakyat memilih pemimpinnya,".

Dengan segala prestasi dan kepemimpinan Habibie untuk kemajuan negara itulah sosoknya akan dikenang bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mahfud MD menutup utasnya dengan mengucapkan peristirahatan yang tenang bagi BJ Habibie.
 

"Sebenarnya Habibie berpeluang besar untuk dipilih jadi Presiden lagi oleh MPR pada tahun 1999 tapi dengan ksatria dia tidak mau dicalonkan lagi karena pertanggungjawabannya terkait Referendum di Timtim ditolak MPR. Pak Habibie beristirahatlah dengan tenang di sisi-Nya. Namamu selalu di hati kami," tutupnya.


End of content

No more pages to load