Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar saat memberikan sambutan. (eko Arif s /JatimTimes)

Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar saat memberikan sambutan. (eko Arif s /JatimTimes)



Ketua TP PKK Kota Kediri, Ferry Silviana Abu Bakar berkunjung ke Taman Posyandu di Kelurahan Jagalan Kota Kediri, Selasa (10/09/19). Kunjungan ini dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) kegiatan kelompok kerja 2 PKK Kota Kediri.

Dalam sambutannya, Bunda Fey sapaan akrab Ketua TP PKK Kota Kediri ini mengatakan, bahwa dengan adanya posyandu ini, hal-hal mengenai tumbuh kembang anak-anak bisa terdeteksi, bila ada masalah segera bisa dikonsultasikan kepada tim medis baik yang ada di puskesmas ataupun rumah sakit agar mendapatkan pertolongan sejak dini. “Namun untuk di Kelurahan Jagalan ini saya lihat anak-anak tumbuh kembangnya baik-baik,” ujar Bunda fey.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan Posyandu ini sudah terintegrasi dengan pendidikan, sehingga harapannya posyandu bisa menjadi unit paling kecil yang bisa menjadi sarana untuk memonitor tumbuh kembang anak dan juga sarana edukasi.

"Untuk kader posyandu agar memberikan penyuluhan yang tepat bagi orang tua yang membawa anaknya ke taman posyandu ini. Penyuluhan yang tepat ini maksudnya seperti memberikan ASI eksklusif kepada anak sampai dengan 6 bulan, dan selama 6 bulan tersebut bayi tidak boleh diberikan makanan selain ASI,"kata dia.

“Kadang yang kita lakukan tidak tepat seperti saat anak masih bayi diberikan pisang kerok saat usia bayi masih dibawah 6 bulan, padahal menurut penelitian Badan Kesehatan Dunia karena usus belum siap untuk mencerna makanan,” ujar Ferry Silviana Abu Bakar.

Terakhir, Ketua TP PKK Kota Kediri ini berpesan kepada orang tua agar di umur anak yang biasa disebut golden age atau umur emas agar selalu memberikan gizi yang baik untuk anak dan beri contoh hal-hal yang baik demi tumbuh kembang anak yang lebih baik.

Dalam Monev Posyandu ini juga Ketua TP PKK Kota Kediri memberikan sebuah panggung boneka yang dapat digunakan menarik para balita saat posyandu kepada Lurah Jagalan dan Ketua PKK Kelurahan Jagalan.

Setelah melakukan monev posyandu, Bunda Fey melanjutkan membuka acara Lomba Cerita dengan tema Budi Pekerti, Sikap dan Karakter Anak yang merupakan kegiatan kelompok kerja 1 PKK Kota Kediri yang bertempat di Panti PKK Kota Kediri.

Dalam lomba cerita ini Bunda Fey menuturkan, bahwa acara ini untuk meningkatkan minat baca anak karena ibu adalah contoh bagi anak-anaknya. Kalau ibu sering membaca dan menunjukkannya kepada anak, dengan otomatis anak akan menirunya. Selain itu, biasakan anak setiap hari untuk membaca buku apapun sehingga anak dengan sendirinya akan terbiasa dan gemar membaca.

Turut hadir dalam acara Monev Posyandu ini Lurah Jagalan, Ketua TP PKK Kelurahan Jagalan, kader posyandu dan peserta posyandu. Untuk acara Lomba  Cerita dihadiri Kepala DP3AP2KB Sumedi, perwakilan Dinas Sosial, perwakilan Dinas Pendidikan dan anggota PKK Kecamatan dan Kelurahan di Kota Kediri.


End of content

No more pages to load